Monday, March 26, 2012

Perubahan sistem di Dunia Perbankan

Dunia Perbankan pada jaman sekarang telah mengalami banyak sekali perubahan, selain perubahan itu menuju ke arah yang lebih maju dan canggih, sehingga nasabah tidak perlu susah-susah datang ke bank untuk mengambil uang atau begitu pula untuk mentrasfer uang. Beberapa perubahan sistem operasional dalam dunia perbankan dari manual menuju Berbasis IT menurut saya berdasarkan beberapa sumber:
1. cara pengambilan, jika pada jaman dahulu kala orang harus ke bank untuk mengantri, hanya untuk mengambil atau mentransfer uang, sedangkan untuk jaman sekarang kita hanya perlu pergi ke ATM (Automated Teller Machine) sehingga tidak butuh waktu lama jika hanya ingin mengambil uang 50/100rb, atau juga bisa buat untuk mentransfer uang
2. Cara Pembayaran, Jika pada dahulu kita masih belum ada atau belum bisa membayar langsung dari simpanan uang kita yang ada di Bank untuk berbelanja, Namun untuk jaman sekarang kita sudah bisa memanfaatkan kredit Card/ Debit Card atau semacamnya. untuk membayar barang yang telah kita beli di tempat yang sudah tersedia alatnya, seperti Indomart/Alfamart dll.
3. Media Promosi, Jika dahulu sebuah Bank harus menggunakan media promosi perorangan atau melalui Pamflet dan semacamnya, namun untuk jaman sekarang Dunia Perbankan dapat memanfaatkan Internet atau media Electronic yang lainnya guna mempromosikan Produknya. sehingga lebih mengefisiensikan waktu dan pengeluaran dana.
4. Tempat. Jika dahulu kala Bank hanya terbatas dimana di situ terdapat cabangnya maka disanalah kita bisa membuka rekening dan juga melakukan transaksi, sedangkan sekarang kita hanya memerlukan kantor cabang atau kantor kas hanya untuk keperluan Peminjaman atau kredit sedangkan untuk hal-hal selain itu sudah bisa kita lakukan melalui Internet Banking atau SMS Banking, yang hampir semua Bank-Bank besar di Indonesia sudah menerapkan Hal tersebut. Sehingga kita jadi lebih mudah dan Efisien dalam memanfaatkan waktu yang kita miliki.

No comments:

Post a Comment