Thursday, March 24, 2011

Manfaat Filsafat dan Kedudukan FIlsafat Islam dalam Filsafat

Pengertian Filsafat

Secara Etimologi

Kata filsafat berasal dari bahasa arab falsafah yang dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah philosophy, adalah berasal dari bahasa yunani philosophia. Kata philosphia yang terdiri atas kata philein yang mempunyai arti cinta(love) dan sophia yang berarti kebijaksanaan (wisdom), sehingga secara etimologi filsafat berarti cinta kebijaksanaan (love of wisdom). dalam arti sedalam-dalamnya. Seorang filsuf adalah pecinta atau pencari kebijaksanaan. Kata filsafat pertama kali di gunakan oleh phytagoras (582-496SM). Arti filsafat sendiri pada masa itu masih beum jelas atau masih rancu, kemudian pengertian filsafat itu di perjelas seperti halnya banyak dipakai pada masa sekarang ini oleh para kaum sophist dan jjuga oleh socrates(40-399SM). (Lasiyo dan Yuwono, 1985, Hlm.1)

Secara Terminologis

Karena begitu banyaknya pengertian yang tersebar di seluruh penjjuru dunia, maka saya hanya akan menampilkan beberapa pengertian mmenurut para filosuf yang terdahulu, yaitu:

1. Menurut Plato “filsafat adalah pengetahuan yang berminat mencapai pengetahuan kebenaran yang asli”

2. Menurut Aristoteles “filsafat adalah ilmu(pengetahuan) yang meliputi kebenaran yang terkandung di dalamnya ilmu-ilmu metafisika, logika,retorika, etika, ekonomi, politik, dan estetika (filsafat keindahan)”.

3. Menurut Al Farabi “filsafat adalah ilmu (pengetahuan) tentang alam maujud bagaimana yang sebenarnya”.

4. Menurut Imanuel Kant “filsafat adalah ilmu (pengetahuan) yang menjad pokok pangkal dari segala pengetahuan, yang di dalamnya tercaku masalah epistimologi (filsafat pengetahuan) yang menjawab persoalan apa yang dapat kita ketahui”.

5. Menurut Ir. Poedjawijatna “filsafat adalah ilmu yang berusaha untuk mencari sebab yang sedalam-dalamnya bagi segla sesuatuberdasarkan pikiran belaka. (lasiyo dan Yuwono, 1985. Hlm 11.)

Dengan pengertian-pengertian di atas dapatlah kita mengambil kesimpulan bahwa filsafat adalah ilmu pengetahuan yang menyelidiki tentang segala sesuatu yang ada secara mendalam dengan mempergunakan akal sampai pada hakikatnya.

Pengertian Filsafat Ilmu

Arti filsafat ilmu menurut The Liang Gie adalah segenap pemikiran reflektif terhadap persoalan-persoalan mengenai segala hal yang menyangkut landasan ilmu maupun hubungan ilmu dengan segala segi dari kehidupan manusia. Sedangkan menurut Cornilius Binjamin filsafat ilmu adalah merupakan cabang pengetahuan filsafati yang menelaah sistimatis mengenai sifat dasar ilmu, metode-metodenya, dan peranggapan-peranggapannya, serta letaknya dalam kerangka umum dari cabang pengetahuan intelektual .


TUJUAN, FUNGSI DAN GUNA FILSAFAT

Tugas filsafat bukanlah sekedar mencerminkan semangat masa di mana kita hidup melainkan membimbingnya maju. Fungsi filsafat adalah kreatif, menetapkan nilai, menempatkan tujuan, menentukan arah dan menuntun pada jalan-jalan baru. Filsafat hendaknya mengilhamkan keyakinan kepada kita untuk menopang dunia baru, mencetak manusia-manusia yang mejadikan penggolongan-penggolongan berdasarkan nasional, rasial dan keyakinan keagamaan mengabdi kepada cita-cita mulia kemanusiaan. Filsafat tidak ada artinya sama sekali apabila tidak universal, baik dalam ruang lingkupnya maupun dalam semangatnya. Di samping itu, filsafat ilmu diperlukan untuk:

(1) Membantu membedakan ilmu dengan saintisme (yang memutlakkan berlakunya ilmu dan tidak menerima cara pengenalan lain selain cara pengenalan yang dijalankan ilmu),

(2) Memberi jawab atas pertanyaan”makna” dan ”nilai”, dalam hal mana ilmu membatasi diri pada penjelasan mekanisme saja (Bertens, 2005: 23-26),

(3) Merefleksi, menguji, mengritik asumsi dan metode keilmuan, sebab ada kecenderungan penerapan metode ilmiah tanpa memerhatikan struktur ilmu itu sendiri (Mustansyir & Munir, 2001), serta

(4) Dari hubungan historisnya dengan ilmu, filsafat menginspirasikan masalah-masalah yang akan dikaji oleh ilmu.


Kedudukan Filsafat Ilmu dalam Filsafat

Sebagai disiplin ilmu, Filsafat Ilmu merupakan cabang dari ilmu filsafat, dengan demikian, juga merupakan disiplin filsafat khusus yang mempelajari bidang khusus, yaitu ilmu pengetahuan. Maka mempelajari Filsafat Ilmu berarti mempelajari secara filosofis berbagai hal yang terkait dengan ilmu pengetahuan.

DAFTAR PUSTAKA

· Pengantar Filsafat Ilmu/Uhar Suharsaputra

· Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia Suatu Pengantar/Drs. Surajiyo

· http://www.ebooklibs.com/view.php?file=http://ruangpsikologi.com/wp-content/uploads/2009/06/juneman-ruangpsikologi.pdf

· dll.

No comments:

Post a Comment