Sunday, March 24, 2013

Tamansari Menurutku

Tamansari adalah sebuah tempat wisata yang ada di Yogyakarta yang menawarkan unsur sejarah didalamnya. Sehingga menarik para wisatawan baik mancanegara maupun lokal. Tamansari terletak di belakang pasar Ngasem. letaknya yang di dalam kota yang padat penduduk membuatnya kurang banyak yang mengetahuinya. Mungkin banyak mahasiswa di Yogyakarta yang belum berkunjung kesana.
Tamansari tempat yang memiliki sejarah ratusan tahun. Bangunan yang dibangun oleh arsitektur dari portugis itu tak berbeda jauh dengan bangunan bersejarah lainnya dalam pembangunannya. Bangunan yang terbuat dari bata, pasir dan beberapa unsur lain yang tidak diketahui.
Terdapat beberapa tempat penting yang perlu anda kunjungi jika ke tamansari. Pertama adalah tempat masuk, ada beberapa pintu masuk, tapi yang resmi hanya satu, yang terletak di sebelah timur. Tiket masuknya hanya 3000 untuk wisatawan lokal. Kedua adalah tempat pemandian raja-raja pada jaman dahulu, sekarang tidak boleh untuk di buat mandi. di sana terdapat tiga kolam. dan ada menara yang berlantai 2.Setelah kita melewati kolam, kita akan mendapati sebuah bangunan yang menggambarkan sejarah yang sangat sult kita cerna dahulu itu fungsinya apa. Ketiga adalah Lorong menuju Masjid disini sering digunakan untuk syuting film FTV di Yogya. terdapat dua lantai didalamnya dan setiap lantai terdapat tempat imam, lantai dasar buat perempuan dan lantai satu untuk laki-laki, di lantai satu terdapat sebuah tempat gelap yang menggambarkan kalau tempat itu dahulu digunakan untuk wudhu. Keempat adalah Water Castle, sekilas dari namanya mungkin orang-orang akan mengira kalau banyak airnya, namun itu berbeda dengan aslinya pada sekarang ini. Bangunan-bangunan besar, menggambarkan kemegahannya dimasa lalu. Setelah itu terakhir sekaligus jalan keluar adalah lorong yang berbentuk S, namun lebih mirip L disana terdapat pengamen yang menyanyikan lagu asik dan nyaman di telinga.
Kalau ke Yogya jangan lupa mampir kesini, tempat indah nan penuh sejarah. Buat kalian yang suka ambil gambar pas juga kok. Jam tutupnya 16.00 kalau jam bukanya aku kurang paham soalnya bukan yang jaga gerban. hehehee... maaf gak ada gambarnya. soalnya pakai kamera temennya pacar. jadi belum bisa upload fotonya disini. :)

No comments:

Post a Comment