Monday, August 22, 2016

Membangun Mood dengan Menulis

Seorang penulis ternama di Indonesia yang telah menerbitkan beberapa buku dan sebagian besar di antaranya adalah Best Seller, ia adalah Habiburrahman El Shirazy. Seorang penulis yang bagi sebagian penulis dan termasuk Arlank, menjadikannya panutan atau bahkan seseorang yang ingin dilampaui kualitas dan prestasinya. Bagi Arlank, rekor ada untuk dipecahkan bukan hanya pajangan.
Let's Back to Title "Menjadikan Mood dengan Menulis" Why??? karena Kang Abi, sapaan akrab Habiburrahman El Shirazy pernah memberikan motivasi kepada Arlank pada suatu acara Talk Show di Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pada saat sesi tanya jawab ada seorang penanya "bagaimana cara menjaga konsistensi dan mood dalam menulis??" Kang Abi menjawab:"Menulis membutuhkan konsistensi dan pembiasaan, jika kalian ingin menulis dan memiliki sebuah karya kalian harus dapat mengendalikan Mood, bukan dikendalikan Mood. Menulis itu ibarat seorang Nelayan, dimana nelayan itu terbagi menjadi 2, yaitu nelayan yang menunggu ikan terdampar ke tepi sungai atau nelayan yang mengarungi kencangnya ombak ke tengah laut untuk menangkap ikan. Jika kalian ingin menjadi penulis hebat, maka jadilah nelayan yang mengarungi kencangnya ombak di tengah laut untuk mendapatkan ikan, yaitu dengan kalian mengendalikan mood, bahkan menciptakan Mood. Jika kalian dikendalikan oleh mood maka kalian sama dengan seorang nelayan yang menunggu ikan terdampar ditepi laut."
Sebagai orang yang memiliki keinginan untuk menelurkan sebuah buku, maka Arlank bangkit dari tidur panjangnya dalam dunia tulis menulis ini. Walau dalam tata bahasanya kacau balau. Same like in the real World. Hehehee.... Karena jika kalian kenal Arlank di dunia nyata pasti kalian akan bingung, Arlank ini aslinya berasal darimana?? Jawa apa luar jawa? karena tata bahasa yang mixing.
Maybe dalam beberapa hari ini penyakit lama Arlank kambuh, yaitu inkonsisten dalam menulis. Tapi Arlank akan selalu berusaha menyajikan tulisan-tulisan yang akan selalu dikenang oleh Arlank sendiri tentunya. Karena karya yang besar tidak melulu berasal dari Penulis besar tapi dari seorang yang mempunyai ketekunan dalam berusaha.
Mood yang selalu coba Arlank bangun adalah Mood positif dimana Arlank sendiri dapat selalu bangkit dan berusaha, baik dalam menulis maupun dalam usaha lainnya, like get married with her lovely. Mood memang seperti angin, datang di saat yang tidak tentu dan akan berlalu begitu saja tanpa pernah kita sadari. Oleh karena itu kita perlu membiasakan berkenalan dan merasakan kehadiran dari mood itu sendiri, sehingga dia datang kita bisa tahu dan menangkapnya menjadi sebuah ide cemerlang. Let's Do what can make we Wake Up from Lazy.
#Arlank Ghant's, Selasa/ 23-08-2016

No comments:

Post a Comment