Wednesday, August 24, 2016

Tips Buat Mahasiswa Baru

Hai... pembaca, selamat siang bertemu lagi dengan Arlank. Pada siang ini Arlank mau berbagi tips mengenai mahasiswa Baru. Menjadi mahasiswa mungkin membuat kita beradaptasi ulang, terutama yang memutuskan melanjutkan kuliah keluar daerah atau keluar negeri. Mungkin beberapa tips dibawah ini dapat menjadi bahan pertimbangan kalian. Yaitu:

1. Memilih Jurusan
Dalam memilih Jurusan atau program alangkah baiknya dipertimbangkan secara matang. Baik dari jangka pendek maupun jangka panjang. Karena tidak sedikit yang salah memilih jurusan sehingga menjadi malas-malasan dalam kuliah. Jika kalian terlanjur salah memilih jurusan jangan bersedih hati. lain kali akan saya share tips tentang itu.

2. Memilih Kampus atau Universitas
Hal ini juga perlu kalian pertimbangkan. Kenapa begitu? semakin bagus kampus yang kalian pilih, semakin bagus juga sistem pengajarannya. Bukan hanya itu, sistem kompetisinya pun juga tinggi yang dapat memberikan motivasi lebih dalam belajar.

3. Memilih Kos atau Asrama.
Beberapa Kampus menyediakan fasilitas asrama bagi mahasiswa baru. Hal ini dapat menjadi pertimbangan buat kalian, apakah memilih kos atau asrama? kelebihan asrama: terletak dekat dengan kampus, memiliki kegiatan tambahan yang menunjang pengetahuan baik bahasa maupun pengetahuan lainnya, dan mendapatkan teman sejurusan. Kekurangannya jam keluar malamnya terbatas dan ada aturan-aturan yang perlu kalian patuhi.
Kelebihan kos: kalian bisa memilih sendiri sesuai budget kalian, jam keluar jarang dibatasi. Kekurangan : Kalian harus lebih waspada dan hati-hati dengan pencuri, Fasilitasnya sesuai dengan harga, dll.

4. Memilih Ekstrakurikuler
Ekstrakurikuler juga merupakan kegiatan yang dapat menyalurkan bakat dan minat. Saran saya pilihlah Ekstrakurikuler sesuai dengan minat kalian, contoh: kalian hobi bermain sepak bola maka gabunglah ke UKM Sepak Bola. dll. Karena UKM juga dapat menjadi penambah prestasi kalian di dunia kampus dan dapat menjadi salah satu cara buat kalian mendapatkan relasi dan jaringan di masa depan setelah lulus.

Yah... itulah tips dari Arlank semoga bermanfaat dan tetap semangat

No comments:

Post a Comment