Tuesday, August 23, 2016

Perpustakaan

Perpustakaan adalah sebuah tempat indah nan sepi. Hanya banyak buku-buku berjejeran yang membisu menanti datangnya para pembaca setia. Entah membaca karena terpaksa atau memang karena hobi. Perpustakaan yang indah bukan hanya untuk di pajang atau di foto lalu di sebar di media sosial. Tetapi perpustakaan yang indah adalah perpustakaan dimana orang berkunjung untuk membaca dan selalu betah berlama-lama berada di dalamnya. Karena ketika pembaca ingin mencari pengetahuan baru tentang Teknik misalnya, di sana telah tersedia dan banyak macamnya.
Perpustakaan yang indah bukanlah perpustakaan yang membuat orang enggan untuk kesana kecuali terpaksa. Beberapa hal yang mungkin salah dalam aturan yang ada di dalam perpustakaan. Contohnya membawa makanan dan minuman ke dalam perpustakaan. Padahal, apabila kita cermati lebih jauh, ada sebagian orang yang suka membaca sambil makan atau ngemil. Karena menurut saya bukan membawa makanannya yang salah, akan tetapi setelah kita makan dan minum apakah kita rapikan kembali tempat yang telah kita gunakan??? atau sampah dari makanan kita sudah kita buang ke tempat sampah?? atau kita biarkan begitu saja di tempat kita duduk??
Peraturan yang sepele namun dapat memberi dampak yang lumayan besar terhadap minat masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan. Apa gunanya kita membangun gedung yang megah nan menjulang kalau hanya untuk hiasan kota? masyarakatnya enggan untuk masuk ke dalamnya walau hanya sekedar membaca satu dua bab dari sebuah buku yang ada.
Let's Think again about it. Mari kita ramaikan perpustakaan yang ada di daerah kita. Mari kita rubah tempat nongkrong-nongkrong kita, dari yang hanya di pinggir jalan ngitungin mobil lewat dengan mengunjungi Perpustakaan dan membaca beberapa buku. Buku adalah Jendela dunia.
#Arlank Ghant's, 24 Agustus 2016

No comments:

Post a Comment