Monday, August 15, 2016

Perjuangan

Sebuah perjuangan bukan hanya tentang hasil. Akan tetapi proses yang dilalui. Banyak orang lupa kalau semakin panjang proses yang ia dapatkan, maka akan semakin panjang pula pengalaman yang telah ia peroleh, disadari atau tidak. Banyak orang lupa betapa berharganya perjuangan seorang ibu untuk melahirkan dia. Betapa berartinya perjuangan seorang ayah untuk menghidupi keluarganya???
Terkadang kita terlena akan kemewahan sementara. Sehingga kita lupa kalau kita tidak mendapatkan kemewahan dengan cuma-cuma. Tidak sedikit dari kita yang merasa sukses karena kerja kerasnya. sehingga ia lupa kalau apa yang ia dapatkan adalah rejeki untuk keluarganya. Pernahkah kita berfikir sejenak tentang apa yang kita peroleh hari ini?? Darimana prosesnya??
Contohnya, Semangkuk nasi yang akan kita makan untuk sarapan. Bagaimana seorang petani bersusah payah menanam benih padi dan merawatnya hingga kurang lebih 100 Hari, kemudian di giling menjadi beras dan kita memasak beras itu untuk menjadi nasi.
Tidak sedikit orang yang lupa tentang perjuangannya, sehingga ketika ia berada dalam masa-masa kejayaannya ia lupa darimana ia peroleh kejayaan itu. Tidak sedikit dari kita yang lupa, bagaimana hari ini kita bisa menikmati rasanya "KEMERDEKAAN" walau masih dalam bayang-bayang kemiskinan dan korupsi.
Perjuangan adalah bukan perkara hasil. Karena setiap perjuangan membutuhkan waktu dan proses untuk mencapai hasil. Dan ketika kita telah mendapatkan hasil janganlah kita melupakan bagaimana prosesnya.
#Arlank Ghant's

No comments:

Post a Comment